Sabtu, 19 Maret 2016

Bentuk Dasar Komunikasi

                                         TUGAS SOFTSKILL KOMUNIKASI BISNIS
                                                       “Bentuk Dasar Komunikasi”



                                                                 Disusun Oleh:

                                                              Anissa 51214303



                                               Dosen : Tantyo Setyowati, SE. MM.



                                                  Jurusan Manajemen Keuangan
                                Direktorat Diploma Tiga Bisnis dan Kewirausahaan
                                                       Universitas Gunadarma
                                                            ATA 2015/2016



                                                        KATA PENGANTAR

       Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya saya dapat menyelesaikan makalah tentang Bentuk Dasar Komunikasi Bisnis ini dengan baik meskipun banyak kekurangan didalamnya. Dan juga kami berterima kasih pada Ibu Tantyo Setyowati yang telah memberikan tugas ini kepada saya.
       Saya sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai bentuk dasar komunikasi. Saya juga menyadari sepenuhnya bahwa didalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, saya berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah yang telah saya buat di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.
       Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya makalah yang telah disusun ini dapat berguna bagi saya sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya saya mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa depan.



                                                                                                                              Bekasi, 17 Maret 2016



                                                                                                                                       Penyusun



                                                                              BAB I
                                                                     PENDAHULUAN



1.1 Latar Belakang Komunikasi Bisnis

       Di era globalisasi saat ini, komunikasi sangat mempengaruhi kegiatan manusia. Tanpa disadari komunikasi merupakan kebutuhan utama bagi manusia. Dengan komunikasi kita bisa mengetahui apa yang sedang terjadi. Pada hakikatnya, komunikasi itu adalah proses penyampaian pesan dari komunikator (sumber) kepada komunikan (penerima) dengan sarana tertentu untuk tujuan tertentu. Komunikasi dikatakan sempurna apabila memiliki unsur-unsur komunikasi. Tanpa unsur-unsur tersebut komunikasi tidak akan berjalan dengan lancar dan hanya akan mendatangkan kesalahpahaman yang disebabkan oleh miss communication.

1.2 Rumusan Masalah

a.   Apa yang dimaksud dengan komunikasi?
b.   Apa saja fungsi-fungsi komunikasi?
c.   Apa saja unsur-unsur keterampilan dalam komunikasi?
d.   Apa saja bentuk-bentuk dasar komunikasi?



                                                                              BAB II
                                                                      PEMBAHASAN


2.1 Pengertian Komunikasi

      Komunikasi adalah bentuk apa saja dari interaksi kata-kata, senyuman, anggukan kepala, gerakan tangan, sikap badan, gerakan mata yang berakibat diterimanya arti, sikap, atau perasaan yang sama atau penyampaian informasi dari seseorang atau grup ke orang atau grup lain melaui simbol, sinyal, perilaku atau tindakan.

      Komunikasi menurut para ahli dapat dilihat sebagai berikut :
1.   Everet M. Rogers
      Komunikasi adalah proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada penerima dengan maksud untuk mengubah tingkah laku.

2.   Gerald R. Miller
      Komunikasi terjadi ketika suatu sumber menyampaikan suatu pesan kepada penerima dengan niat yang disadari untuk memperngaruhi penerima.

3.   Theodore M. Newcomb
      Setiap tindakan komunikasi dipandang sebagai suatu transmisi informasi terdiri dari rangsangan yang diskriminatif dari sumber kepada penerima.

2.2  Fungsi Komunikasi :

-      Mencapai pengertian satu sama lain
-      Membina kepercayaan
-      Mengkoordinir tindakan
-      Merencanakan strategi
-      Melakukan pembagian pekerjaan
-      Berbagi rasa

2.3  Keterampilan Komunikasi :

-      Mendengarkan
-      Bertingkah laku asertif ( tegas, penuh percaya diri )
-      Menyelesaikan konflik
-      Membaca situasi
-      Melakukan persuasi

2.4 Bentuk-bentuk Dasar Komunikasi

a.    Komunikasi Lisan >> Komunikasi disampaikan dengan suara, contohnya : percakapan pribadi, pidato, rapat, telepon dan videoconferences

b.    Komunikasi Tertulis >> Komunikasi disampaikan melalui tulisan, contohnya : surat, memo, laporan formal, berita, e-mail, faksimile

c.    Komunikasi Formal >> Komunikasi disampaikan lewat mata rantai komando, contohnya : memo, laporan, rapat, presentasi, surat dan konferensi pers (eksternal)

d.    Komunikasi Informal >> Disampaikan di luar hirarkhi otoritas organisasi, contohnya : rumor yang disebarluaskan melalui selentingan

e.    Komunikasi Verbal >> Menyampaikan pesan dalam bentuk kata-kata, contohnya : pertemuan, pembicaraan telepon, videoconferences

f.     Komunikasi Nonverbal >> Komunikasi disampaikan lewat tindakan dan perilaku, contohnya : gerak, ekspresi muka, bahasa badan, dandanan dan pakaian.


                                                                            BAB III
                                                                          PENUTUP


3.1   Kesimpulan

        Komunikasi adalah proses dimana orang berusaha untuk memperoleh pengertian yang sama melalui pengiriman pesan simbolik. Komunikasi membuat sistem kooperatif organisasi menjadi lebih dinamis dan menghubungkan tujuan organisasi dengan semua manusia yang terlibat di dalamnya. Proses komunikasi berhasil bila :
1.     Penerima mengerti dengan benar pesan yang disampaikan
2.     Persepsi penerima = persepsi pengirim

       Yang dituntut dalam dunia bisnis adalah kemampuan berkomunikasi dengan baik. Karir bertambah maju - kemampuan berkomunikasi lisan dan tulisan makin penting. Lebih penting dibandingkan kemampuan teknik (technical skills)



                                                                    DAFTAR PUSTAKA


1.     Repository.binus.ac.id
2.     Perbanasinstitue.ac.id
3.     Nurjanah.staff.unri.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar