TUGAS SOFTSKILL KOMUNIKASI BISNIS
“Makalah Usaha Distro Untuk
Presentasi Bisnis”
Disusun Oleh:
Anissa 51214303
2DF02
Dosen : Tantyo Setyowati, SE. MM.
Jurusan Manajemen Keuangan
Direktorat Diploma Tiga Bisnis dan Kewirausahaan
Universitas Gunadarma
ATA 2015/2016
KATA
PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan
Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya saya
dapat menyelesaikan makalah tentang “Makalah Usaha Distro Untuk Presentasi
Bisnis” ini dengan baik meskipun banyak kekurangan didalamnya. Dan juga kami
berterima kasih pada Ibu Tantyo Setyowati yang telah memberikan tugas ini
kepada saya.
Saya sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka
menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai makalah usaha distro untuk
presentasi bisnis. Saya juga menyadari sepenuhnya bahwa didalam makalah ini
terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, saya berharap
adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah yang telah saya buat di
masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran
yang membangun.
Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya.
Sekiranya makalah yang telah disusun ini dapat berguna bagi saya sendiri maupun
orang yang membacanya. Sebelumnya saya mohon maaf apabila terdapat kesalahan
kata-kata yang kurang berkenan dan memohon kritik dan saran yang membangun demi
perbaikan di masa depan.
Bekasi, 27 Apri 2016
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG MASALAH
Seiring dengan berkembangnya mode
berpakaian, para anak muda berusaha untuk tidak ketinggalan jaman dalam hal
berpakaian dengan mengikuti mode yang sedang menjadi tren, dengan berpakaian
unik dan kreatif. Dalam memulai bisnis distro
perlu kegigihan, pantang menyerah dan jeli dalam memanfaatkan peluang. Kendala
terbesar di sektor produksi. Pebisnis distro harus membangun jaringan dan brand
awareness ke customer. Usaha distro harus dikelola secara profesionalisme,
kalau tidak kebangkrutan akan segera dating. Salah satu keunikan distro adalah
desain kaos-kaos mereka yang “khas distro”: keren, spesial, unik, lucu dan
berkelas. Selain itu untuk menjaga keunikannya, desain kaos mereka tidak
diproduksi secara masal, melainkan hanya dalam hitungan ratusan atau bahkan
maksimum 100 potong per model.
1.2
RUMUSAN MASALAH
Sesuai dengan judul makalah, untuk
menuju sukses dalam menjalankan usaha ini, terdapat beberapa tata cara yang
perlu diperhatikan dalam menjalankan usaha ini.
Berkaitan dengan judul makalah, maka masalah yang dapat diidentifikasi
adalah sebgai beikut :
1.
Bagaimana cara
memulai dan menjalankan bisnis distro ?
2.
Bagaimana konsep
pemasaran dalam bisnis distro ?
3.
Bagaimana cara
untuk meningkatkan mutu barang dan penjualan ?
1.3
TUJUAN PENULISAN
Saya menyusun makalah ini sebagai sarat
memenuhi tugas kuliah komunikasi bisnis dan untuk membahas atau mengetahui
cara-cara untuk menjadi wirausaha yang sukses yang saya bahas dalam makalah ini
adalah mengenai "Usaha Distro". Tujuan saya memilih "Usaha
Distro" sebagai bahan pembahasan dalam makalah saya adalah karena usaha
distro merupakan usaha yang cukup menjanjikan di tengah perkembangan mode
berpakaian anak muda jaman sekarang.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 PENGERTIAN USAHA DISTRO
Distro adalah suatu tempat yang biasanya
menjual pakaian, sepatu, celana, dan aksesoris yang biasanya mengikuti
perkembangan mode dan kebanyakan konsumennya adalah anak muda. Hal yang perlu
diperhatikan dalam menjalankan bisnis distro adalah sebagai berikut :
a.
Dalam memulai bisnis
distro kita harus mencari tempat yang strategis, karena sebagian konsumennya
adalah anak muda maka sebaiknya distro dibangun atau didirikan di tempat yang
biasa anak muda sering berkumpul. Dengan cara ini tentu distro yang didirikan
akan menarik perhatian bagi para anak muda tersebut dan kemudian mengunjungi
distro tersebut. Selain dengan cara tersebut, orang banyak menggunakan internet
untuk mempromosikan distronya. Blog dan situs pertemanan sering digunakan untuk
memperkenalkan distro yang dia dirikan kepada orang-orang. Selain itu
mempromosikan melalui mulut ke mulut juga cukup efektif. Apalagi distro
merupakan tempat anak-anak muda berkumpul, pasti mereka akan memberi tahu
kepada temannya untuk mengunjungi distro tersebut.
b.
Dalam memasarkan
barang, harganya harus disesuaikan dengan kantong dari konsumennya. Tetapi
meskipun biasanya barang-barang yang di jual di distro harganya lumayan mahal,
tetapi tetap saja tidak mengurangi minat para anak muda untuk membeli pakaian,
celana, atau aksesoris yang mereka gunakan di distro. Memang gengsi di antara
kalangan anak muda mempengaruhi hal tesebut, tetapi model dan kualitas
barang-barang yang ada di distro sangat sesuai dengan selera para anak muda,
sehingga mereka tetap membeli barang-barang yang ada di distro meskipun
harganya mahal. Akan tetapi pemilik distro harus memperhatikan kualitas dari
barang yang dijualnnya, agar harga yang para konsumen bayar sesuai dengan
kualitas barang yang mereka beli.
c.
Dalam
meningkatkan mutu barang atau produk, harus menggunakan bahan yang berkualitas
bagus dan Dan model pakaian yang dijual di distro harus mengkuti perkembangan
tren masa kini. Karena anak-anak muda biasanya tidak mau ketinggalan dalam hal
berpakaian, mereka selalu berusaha mengikuti tren masa kini. Seperti model
gambar pada baju misalnya, biasanya distro menjual baju-baju dengan
gambar-gambar artistik yang sangat bagus dan digemari anak-anak muda. Contoh
lain baju-baju pada distro memiliki warna-warna yang menarik dan beraneka
ragam. Dengan menyediakan seperti contoh-contoh di atas tentu para konsumen
akan puas dengan barang-barang yang ada di distro anda.
2.2
RENCANA LOKASI
Rencana lokasi operasional usaha akan
ditempatkan didaerah yang memenuhi syarat sebagai berikut :
-
Lokasi dekat
dengan kawasan pusat perbelanjaan
-
Lokasi berada
ditengah kawasan penduduk
-
Lokasi berada
dikeramain
-
Lokasi merupakan
kawasan tempat nongkrong anak muda.
2.3
TARGET PELANGGAN
Target pelanggan Distro ini adalah :
anak muda atau abg yang sedang terpengaruh oleh fashion- fashion yang uptodate.
Mereka adalah pengguna baju-baju distro yang memiliki ciri khas tertentu.
2.4
KEUNGGULAN
Keunggulan dari Distro kami adalah :
1.
Menggunakan
Bahan kaos cotton combed 20’s dan 30’s yang berkualitas
2.
Hasil sablon
sangat rapi dan tidak mudah luntur walau beberapa kali cuci
3.
Design kaos
sangat uptodate sesuai dengan tema-tema yang sedang terjadi pada saat itu.
2.5 MODAL & KEUNTUNGAN
Modal
yang kami butuhkan untuk medirikan distro ini plus biaya operasioanl selama 1
bulan pertama adalah Rp 30.000.000,-
dengan perkiraan laba bersih minimal Rp 5.000.000,- per bulannya.
2.6 BAGI HASIL
Persentase
bagi hasil yang kami tawarkan adalah 30% untuk pemodal dan 70% untuk pengelola,
dengan demikian pemodal diperkirakan akan mendapatkan keuntungan sedikitnya Rp
1.500.000,- perbulan.
2.7 BIAYA PENYUSUTAN
Pada
prinsipnya jumlah aset pemodal adalah sama baik pada saat pendirian usaha
maupun pada tahun ke-1, ke-2 , dst, Karena kami menganggarkan biaya
penyususutan sebesar 2,5% perbulan dari semua aset milik pemodal, dana
penyusutan ini tetap menjadi milik pemodal sehingga total aset pemodal tetap
walaupun nilai barang menjadi susut atau rusak.
2.8 STRATEGI PROMOSI
Strategi
yang akan dijalankan pada perusahaan ini antara lain :
1. Membuat
pamphlet-pamflet berisi produk – produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
2. Melakukan
iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
BAB III
PENUTUP
33.1
KESIMPULAN
Usaha distro merupakan usaha yang
menguntungkan bagi yang dapat mengelolanya dengan baik, selain itu bagi
orang-orang dengan kreatifitas yang tinggi dan pergaulan yang luas sangat cocok
menjalankan bisnis ini karena benar- benar sangat menjanjikan. Selain itu usaha
ini tidak begitu sulit bagi mereka yang memiliki kreatifitas dan berusaha
menuangkan idenya lewat model-model dan gambar-gambar pakaiannya.
DAFTAR PUSTAKA
2.
Jurnal.upnyk.ac.id
Trik Jitu Remi9
BalasHapusCara Jitu Remi9
Tips Curang Remi9
Trik Curang Remi9
Cara Curang Remi9
Cara Hack Sakong
Cara Hack BandarQ
Tips Hack BandarQ
Trik Hack BandarQ
Trik Hack Sakong